Thursday, August 5, 2010

Peningkatan Kualitas Palayanan Bus Trans Pakuan

Perusahaan Daerah Jasa Transportasi merupakan Badan Usaha Milik Pemerintah Daerah Kota Bogor. PD. Jasa Transportasi dibentuk dengan maksud agar Kota Bogor dapat melayani kebutuhan pelayanan bidang jasa usaha transportasi kepada masyarakat dengan tujuan:
1. Meningkatkan pelayanan dalam bidang jasa transportasi kepada masyarakat
2. Mendorong perekonomian Daerah
3. Menunjang pembangunan Daerah
4. Sebagai salah satu sumber PAD
5. Menyelenggarakan kemanfaatan umum.
Salah satu bidang usaha yang berjalan adalalah unit usaha angkutan missal Bus Trans Pakuan. Dengan 30 buah armada bus yang diperoleh melalui bantuan dari Departemen Perhubungan RI, PD. Jasa Transportasi berusaha semaksimal mungkin untuk menjalankan kepercayaan dan mewujudkan harapan Pemerintah Daerah Kota Bogor untuk melayani kebutuhan masyarakat dalam hal transportasi. Dengan moto “Jadikan Penumpang Pelanggan Setia”, PD. Jasa Transportasi secara bertahap terus berusaha meningkatkan pelayanan kepada penumpang.
Rencana Peningkatan pelayanan tersebut meliputi:
1. SCTS (Smart Card Ticketing System)
Melakukan Modernisasi system pembayaran jasa angkutan yang pada awalnya menggunakan karcis kertas menjadi SCTS (Smart Card Ticketing System) yaitu suatu sistem teknologi berupa kartu yang dirancang dan diciptakan oleh PD. Jasa Transportasi yang mampu menyimpan data sekaligus identitas bagi penumpang Bus Trans Pakuan. Kartu ini berfungsi sebagai pengganti tiket kertas sebagai bukti pembayaran. Dengan SCTS ini diharapkan penumpang akan lebih mudah dan nyaman dalam menggunakan sarana angkutan Bus Trans Pakuan karena penumpang tidak perlu melakukan transaksi pembelian karcis kertas atau menunjukan karcis kepada kondektur ketika mereka berada di dalam Bus Trans Pakuan. Dengan SCTS ini penumpang hanya perlu menempelkan Multi Trip Card atau memasukan Single Trip Card yang telah dibeli dan diisi pulsa di tempat-tempat yang telah ditentukan pada mesin yang terdapat pada pintu masuk Bus Trans Pakuan agar hingga lampu indikator berwarna hijau kemudian Tribar dapat terbuka secara otomatis, setelah Tribar terbuka, penumpang dapat masuk ke dalam Bus Trans Pakuan dan menikmati perjalanan dalam ruangan Bus Trans Pakuan yang sejuk sambil beristirahat dengan nyaman sampai tempat pemberhentian tujuan tanpa ada gangguan harus bertransaksi atau menunjukan karcis kepada kondektur.
Selain peningkatan dibidang pelayanan, PD. Jasa Transportasi dengan SCTS nya ini bertujuan juga untuk mendidik warga bogor kususnya kepada para penumpang Bus Trans Pakuan dalam hal kedisiplinan dan pengenalan terhadap kemajuan teknologi.
Adapun jenis kartu yang digunakan dalam SCTS ini terdiri dari 2 macam yaitu:
1. Single Trip Card yaitu kartu yang hanya dapat digunakan untuk satu kali perjalanan menggunakan Bus Trans Pakuan.
2. Multi Trip Card yaitu kartu yang dapat digunakan untuk beberapa kali perjalanan menggunakan Bus Trans Pakuan sebagai contoh jika dengan harga Rp. 25.000,- perinciannya sebagai berikut:
- Rp. 15.000,- sebagai deposit dan bisa diuangkan kembali apabila tidak lagi menggunakan Jasa Bus Trans Pakuan.
- Rp. 10.000,- sebagai nilai rupiah/ saldo yang digunakan untuk naik Bus Trans Pakuan.
Setiap Menggunakan jasa Bus Trans Pakuan, pulsa Multi Trip Card akan berkurang sebesar satuan uang untuk harga setiap perjalanan dengan menggunakan Multi Trip Card. Kartu ini dapat diisi ulang sesuai dengan pilihan pulsa yang tersedia di tempat-tempat yang telah ditentukan dengan pilihan isi pulsa yang tersedia.
2. Penambahan Koridor
Walaupun sudah dinilai sukses dengan Koridor Pertama yang melayani jalur Bubulak - Cidangiang, dan berhasil mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Propinsi Jawa Barat sebagai Unit Kerja Pelayanan Publik Berprestasi tahun 2008, PD. Jasa Transportasi tidak hanya puas sampai disini, Sebagai Perusahaan Daerah yang mengemban tugas dari Pemerintah Kota Bogor untuk menangani masalah transportasi khususnya kemacetan lalu lintas, PD. Jasa Transportasi terus berusaha keras untuk mengurangi kemacetan lalulintas dengan membuka Koridor Kedua yang melayani jalur Cidangiang – Rancamaya sesuai dengan Business Plan PD. Jasa Transportasi tahun 2008 dan pemenuhan atas permintaan calon penumpang untuk membuka jalur baru dengan tetap melakukan usaha peningkatan kualitas pelayanan yang telah menjadi moto sejak awal.
Dengan dibukanya koridor kedua ini diharapkan permintaan calon penumpang yang berada disepanjang jalur ini akan terlayani sehingga loyalitas dari masyarakat Kota Bogor akan lebih tinggi.
3. Sistem Transit
Selain dua upaya peningkatan pelayanan di atas, PD. Jasa Transportasi masih tetap berupaya meningkatkan pelayanan untuk memberikan pelayanan plus berupa Sistem Transit bagi penumpang yang menggunakan Jasa Bus Trans Pakuan yang akan melakukan perjalanan yang melintasi koridor yang berbeda, mereka hanya tinggal melakukan transit di Pool Cidangiang untuk kemudian pidah koridor bus tanpa dikenakan biaya lagi.
4. Penambahan Shelter Ke Rancamaya
Untuk Menunjang Koridor kedua tersebut, PD Jasa Transportasi menyediakan shelter dibeberapa titik sebagai tempat pemberhentian sebagai berikut:
A. Arah Cidangiang – Rancamaya
1. Pool Cidangiang
2. Shelter Villa Duta
3. Shelter Sukasari
4. Shelter PDAM2
5. Shelter DISHUB
6. Shelter Unitex2
7. Shelter Sindang Sari 1
8. Shelter Sindang Sari 2
9. Pool Rancamaya
B. Arah Rancamaya – Cidangiang
1. Pool Rancamaya
2. Shelter Wangun
3. Shelter Unitex 1
4. Shelter Pakuan
5. Shelter Metrologi
6. Shelter Pakuan 2
7. Shelter Polo Armin
8. Shelter Mesjid Raya
9. Pool Cidangiang
Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada para penumpang, PD. Jasa Transportasi, slluruh shelter di Korodor kedua tersebut dibangun tertutup sehingga calon penumpang dapat lebih nyaman pada saat menunggu kedatangan Bus Trans Pakuan.
5. CCTV
Sebagai layanan tambahan, para calon penumpang yang sedang mununggu kedatangan atau pemberangkatan Bus Trans Pakuan dapat mengetahui secara real time posisi Bus Trans Pakuan dengan melihat peta perjalanan Bus Trans Pakuan pada CCTV yang yang disediakan oleh PD. Jasa Transportasi di Pool Bubulak, Pool Cidagiang dan Pool Rancamaya yang selain dapat berfungsi untuk menampilkan siaran TV lokal dan nasional.
Kesemua layanan yang telah diberikan PD. Jasa Transportasi kepada seluruh penumpang Bus Trans Pakuan adalah sebagai bukti nyata bahwa PD. Jasa Transportasi benar-benar ingin menjadikan penumpang sebagai pelanggan setia sesuai Moto yang akan tetap dipertahankan.
Oleh : masteguh – Staff PDJT 27 Nov 2008.
Sumber : http://pdjtkotabogor.com

0 comments:

Post a Comment

 
Template designed using TrixTGTema: My Pc Has A Happy Gnome, Criado Por: Katatempla.