Friday, August 6, 2010

Gunung Geulis Pusat Anggrek

POTONG TUMPENG: Ibu Mufidah Jusuf Kalla memotong tumpeng pada peresmian kebun anggrek di Desa Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja. Kemarin.
SUKARAJA – Kebun anggrek terbesar di Indonesia dengan beragam varietas ada di Desa Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja. Kemarin, kebun tersebut resmi dibuka oleh Ibu Mufidah Jusuf Kalla.

Peresmian dihadiri pula mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Dirjen Holtikultura A Dimiyati, Sofyan Wanandi, ibu-ibu Perhimpunan Anggrek Indonesia dan tamu undangan dari Taiwan.

Perkebunan seluas 12 hektare itu, merupakan tempat pembibitan anggrek. Jenis yang dibibitkan di antaranya anggrek bulan dan dendrobium.
Dalam sambutannya, Mufidah Jusuf Kalla yang juga Ketua Perhimpunan Anggrek Indonesia, berharap dengan didirikannya perkebunan tersebut dapat menghasilkan bibit-bibit berkualitas dengan harga terjangkau. “Terutama bagi para petani anggrek, yang selama ini bibitnya diperoleh dari luar negeri,” tutur Mufidah.

Menurut dia, menghasilkan bibit anggrek berkualitas masih menjadi kendala saat ini. Selain itu, ada juga kendala regulasi dan birokrasi yang belum mendukung pengembangan sektor penganggrekan nasional.

“Banyak sekali keluhan yang dialami penganggrek mengenai perizinan. Khususnya masalah waktu yang memerlukan proses hingga lima bulan dengan biaya beragam. Di Taiwan sendiri, cuma butuh waktu satu minggu dengan biaya konkret,” tutur Mufidah.

Kendala serupa juga dialami perkebunan anggrek Desa Gunung Geulis. Seperti kendala teknis ketersediaan bibit awal yang harus didatangkan dari luar negeri yaitu Taiwan.

Namun ke depannya, terang Mufidah, dengan keberadaan perkebunan anggrek ini, semoga mampu menghasilkan varietas sendiri dan diperbanyak bagi para petani anggrek lokal.

“Padahal Indonesia punya potensi ragam anggrek yang bisa disilangkan. Sekaligus punya penyilang andal yang bisa menghasilkan silangan anggrek berkualitas,” tandasnya.(ico)

Sumber : http://www.radar-bogor.co.id


0 comments:

Post a Comment

 
Template designed using TrixTGTema: My Pc Has A Happy Gnome, Criado Por: Katatempla.